Kriteria Negara Islam dan Negara Kafir Menurut Syaikh Bin Baz, Shalih Al-Fauzan dan Lajnah Ad-Da'imah

Kriteria dasar konsep negara Islam dan Negara Kafir menurut Ulama Saudi Syaikh Bin Baz, Shalih Al-Fauzan dan Lajnah Ad-Da'imah

Kriteria sebuah negara disebut negara Islam dan Negara Kafir telah banyak dijelaskan para Ulama.
Ada yang menyebutkan bahwa Adanya Adzan serta Syiar-Syiar Islam Sudah cukup menjadi tolok ukur bahwa Negara tersebut adalah negara Islam. Sementara Ulama lain ada yang menambahkan Sebuah negara yang penduduknya mayoritas muslim serta dipimpin oleh seorang muslim maka sudah cukup negara tersebut disebut sebagai negara Islam. Terlepas dari silang pendapat tersebut, di sini kami akan memberikan informasi tentang terkait kriteria negara Islam dan Negara Kafir menurut Syaikh Bin Baz, Shalih Al-Fauzan dan Fatwa Lajnah Ad-Da'imah

Syaikh Bin Baz Rahimahullah Berkata:

وَكُلُّ دَوْلَةٍ لاَ تَحْكُمُ بِشَرْعِ اللهِ وَلاَ تَنْصَاعُ لِحُكْمِ اللهِ وَلاَ تَرْضَاهُ فَهِيَ دَوْلَةٌ جَاهِلِيَّةٌ كَافِرَةٌ ظَالِمَةٌ فَاسِقَةٌ بِنَصِّ هَذِهِ الآيَاتِ الْمُحْكَمَاتِ . يَجِبُ عَلَى أَهْلِ الإِسْلاَمِ بُغْضُهَا وَمُعَادَاتُهَا فِي اللهِ وَتَحْرُمُ عَلَيْهِمْ مَوَدَّتُهَا وَمُوَالاَتُهَا حَتَّى تُؤْمِنَ بِاللهِ وَحْدَهُ وَتُحَكِّمَ شَرِيْعَتَهُ وَتَرْضَى لَهَا وَعَلَيْهَا
 
“Setiap negara yang tidak berhukum dengan syari’at Allah dan tidak tunduk kepada hukum Allah, serta tidak ridla dengannya, maka itu adalah negara jahiliyah, kafirah, dhalimah, fasiqah dengan penegasan ayat-ayat muhkamat ini. Wajib atas pemeluk Islam untuk membenci dan memusuhinya karena Allah dan haram atas mereka mencintainya dan loyal kepadanya sampai beriman kepada Allah saja dan menjadikan syari’atnya sebagai rujukan hukum dan ridla dengannya.”
(Naqdul Qaumiyyah Al Arabiyyah yang dicetak dengan Majmu fatawa wa Maqaalaat Mutanawi’ah 1/309-310.)

 
Syaikh Shalih Bin Fauzan Al-Fauzan Rahimahullah Berkata:


اَلْمُرَادُ بِالْبِلاَدِ الإِسْلاَمِيَّةِ هِيَ الَّتِيْ تَتَوَلاَّهَا حُكُوْمَةٌ تَحْكُمُ بِالشَّرِيْعَةِ الإِسْلاَمِيَّةِ..لاَ الْبِلاَدُ الَّتِيْ فِيْهَا مُسْلِمُوْنَ وَتَتَوَلاَّهَا حُكُوْمَةٌ تَحْكُمُ بِغَيْرِ الشَّرِيْعَةِ الإِسْلاَمِيَّةِ فَهَذِهِ لَيْسَتْ إِسْلاَمِيَّةً

“Yang dimaksud dengan negeri-negeri Islam adalah negeri yang dipimpin oleh pemerintahan yang menerapkan syari’at Islamiyahbukan negeri yang di dalamnya banyak kaum muslimin dan dipimpin oleh pemerintahan yang menerapkan bukan syari’at Islamiyah, negeri seperti ini bukanlah negeri Islam.”
( Al Muntaqaa Min fatawa fadlilatusy Syaikh Shalih Al Fauzan 2/254 no: 222.)

Syaikh Shalih bin Fauzan al-Fauzan pernah ditanya tentang kriteria negara Islam dan Negara Kafir lewat seorang moderator.
 pertanyaan tersebut dapat dilihat di website resmi beliau :  http://www.alfawzan.af.org.sa/ar/node/6954

سئل صالح بن فوزان الفوزان: أحسن الله إليكم صاحب الفضيلة ، يقول : أورد الشوكاني في كتاب السيل الجرار عن دار الإسلام ودار الكفر أن الاعتبار بظهور الكلمة ، فإن كانت الأوامر والنواهي في الدار لأهل الإسلام بحيث لا يستطيع من فيها من الكفار أن يتظاهر بكفره إلا لكونه مأذونا له بذلك من أهل الإسلام فهذه دار إسلام ، وإن كان الأمر بالعكس فالدار بالعكس ،

فالسؤال : هل الدولة التي تحكم بالقوانين الوضعية يقال عنها إنها بلاد مسلمة أو دولة كافرة بغض النظر عن شعبها ؟

قال صالح بن فوزان الفوزان: لا شك أنَّ الذي عليه علماء الدعوة أنَّ العبرة بالحكم فإن كان الحكم للشريعة فالبلاد إسلامية وإن كان الحكم بغير الشريعة فالبلاد غير إسلامية ولو كان فيها مسلمون العبرة بالحكم بالبلد
وقول الشوكاني يتفق في الظاهر مع هذا لأنه ما يحصل الأمر بالمعروف والنهي عن المنكر واختفاء الباطل وظهور الحق إلا إذا كان الحكم للإسلام
أما إذا كان الحكم للقانون فالقانون الناس عنده سواء الملحد والمسلم بل قد يكون الملحد عنده أحسن من المسلم إذا كان الحكم للقانون فلن يتحقق ما قاله الإمام الشوكاني أما إذا كان الحكم للشريعة – نعم يتحقق
فالعبرة بالحكم ، نوعية الحكم في البلاد إن كان بالشرع فهي مسلمة
وإن كان الحكم بالقانون (فلا).

Syaikh Shâlih bin Fauzân Al-Fauzân
ditanya oleh seseorang yang pertanyaannya disampaikan melalui seorang moderator yang berkata kepada beliau:

"Semoga Allah memberi kebaikan kepada engkau wahai yang memiliki keutamaan, ada penanya yang berkata:

Imam 'Asy-Syaukâniy dalam kitabnya, As-Sail Al-Jarrâr telah membahas tentang dârul Islâm dan dârul kufr: bahwa yang menjadi patokannya adalah tampaknya al-kalimah. Maksudnya adalah apabila perintah dan larangan di suatu negeri adalah milik ahlul Islâm (kaum muslimin) sehingga orang-orang kafir di sana tidak mampu memunculkan kekafiran mereka kecuali karena mereka diizinkan melakukannya oleh kaum muslimin, berarti negeri tersebut adalah dârul Islam, dan jika perkaranya adalah kebalikannya, berarti negerinya adalah kebalikannya (yaitu dârul kufr).

Pertanyaannya adalah: 'Apakah daulah (negara) yang berhukum dengan undang-undang buatan bisa dikatakan tentangnya bahwa negara tersebut adalah daulah muslimah atau daulah kâfirah tanpa memandang kepada rakyatnya?'"


Syaikh Shâlih bin Fauzân Al-Fauzân menjawab:

"Tidak diragukan lagi bahwa pendapat yang dianut oleh 'ulamâ' ad-da'wah' adalah bahwa yang menjadi patokan (untuk menentukan hukum bagi suatu negeri) adalah sumber hukumnya. Jika sumber hukumnya adalah syariat Islam, berarti negerinya adalah negeri Islam, dan jika sumber hukumnya bukan syariat Islam, berarti negerinya adalah bukan negeri Islam. Walaupun di sana ada kaum muslimin akan tetapi yang menjadi patokan adalah sumber hukum negeri itu.

Perkataan Asy-Syaukâniy zahirnya menyepakati penjelasan ini karena tidak akan ada perintah melakukan yang ma'ruf, larangan melakukan yang mungkar, hilangnya kebatilan, dan tampaknya kebenaran kecuali jika sumber hukumnya adalah (syariat) Islam.

Adapun jika sumber hukumnya adalah undang-undang buatan dan menurut undang-undang buatan (yang biasa berlaku di dunia saat ini) bahwa semua manusia adalah sama, yang mulhid/kafir dan yang muslim, bahkan menurutnya yang mulhid bisa menjadi lebih baik daripada yang muslim, jika sumber hukumnya adalah undang-undang buatan, berarti perkataan As-Syaukâniy (mengenai dârul islâm) tidak akan pernah terwujud (pada negeri yang sumber hukumnya adalah undang-undang buatan). Adapun jika sumber hukum negerinya adalah syariat Islam, ya terwujud (perkataan Asy-Syaukâniy mengenai dârul islâm pada negeri ini).

Jadi, patokannya adalah sumber hukumnya, jenis hukum di suatu negeri. Jika sumber hukumnya adalah syariat Islam, berarti itu adalah negeri islam, sedangkan jika sumber hukumnya adalah undang-undang buatan, (berarti bukan negeri islam)."

Selesailah perkataan Shâlih bin Fauzân Al-Fauzân. 


Fatwa Lajnah Da'imah

Fatwa ini dapat di lihat di sini: 

س 1: لعلكم على علم بأن حكومتنا علمانية لا تهتم بالدين، وهي تحكم البلاد على دستور اشترك في ترتيبه المسلمون والمسيحيون، هناك يرد السؤال: هل يجوز لنا أن نسمي الحكومة بحكومة إسلامية أو نقول: إنها كافرة؟
Pertanyaan:
“Anda tentu telah mengetahui, karena pemerintahan kami pemerintah sekuler yang tidak memperhatikan agama. Pemerintah ini memerintah negara diatas hukum konstitusi yang dalam menyusunnya tergabung antara orang-orang Islam dan Kristen. Pertanyaannya adalah, Apakah boleh bagi kami menamakan pemerintahan itu dengan pemerintahan islam atau kami katakan sesungguhnya itu pemerintahan kafir?
ج 1: إذا كانت تحكم بغير ما أنزل الله فالحكومة غير إسلامية. وبالله التوفيق. وصلى الله على نبينا محمد، وآله وصحبه وسلم
Jawaban:
“ Jika pemerintah itu memutuskan hukum dengan selain apa yang diturunkan oleh Allah maka pemerintahan itu BUKAN PEMERINTAHAN ISLAM. Wabillahit taufiq, wa Shallallahu 'ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam”.
Fatwa no.7796.
 
Selain Fatwa di atas juga ada Fatwa lain yang lebih mendetail.
 
  السؤال الأول من الفتوى رقم (2635)
س1: ما الشروط الواجب توفرها في بلد حتى تكون دار حرب أو دار كفر؟

ج1:
كل بلاد أو ديار يقيم حكامها وذوو السلطان فيها حدود الله، ويحكمون رعيتها بشريعة الإسلام، وتستطيع فيها الرعية أن تقوم بما أوجبته الشريعة الإسلامية عليها؛ فهي دار إسلام، فعلى المسلمين فيها أن يطيعوا حكامها في المعروف، وأن ينصحوا لهم، وأن يكونوا عونا لهم على إقامة شؤون الدولة، ودعمها بما أوتوا من قوة علمية وعملية، ولهم أن يعيشوا فيها، وألا يتحولوا عنها إلا إلى ولاية إسلامية، تكون حالتهم فيها أحسن وأفضل، وذلك كالمدينة بعد هجرة النبي صلى الله عليه وسلم إليها، وإقامة الدولة الإسلامية فيها، وكمكة بعد الفتح؛ فإنها صارت بالفتح وتولي المسلمين أمرها دار إسلام بعد أن كانت دار حرب تجب الهجرة منها على من فيها من المسلمين القادرين عليها.
وكل بلاد أو ديار، لا يقيم حكامها وذوو السلطان فيها حدود الله، ولا يحكمون في الرعية بحكم الإسلام، ولا يقوى المسلم فيها على القيام بما وجب عليه من شعائر الإسلام؛ فهي دار كفر، وذلك مثل مكة المكرمة قبل الفتح، فإنها كانت دار كفر، وكذا البلاد التي ينتسب أهلها إلى الإسلام، ويحكم ذوو السلطان فيها بغير ما أنزل الله، ولا يقوى المسلمون فيها على إقامة شعائر دينهم، فيجب عليهم أن يهاجروا منها، فرارا بدينهم من الفتن، إلى ديار يحكم فيها بالإسلام، ويستطيعون أن يقوموا فيها بما وجب عليهم شرعاز
ومن عجز عن الهجرة منها من الرجال والنساء والولدان فهو معذور، وعلى المسلمين في الديار الأخرى أن ينقذوه من ديار الكفر إلى بلاد الإسلام، قال الله تعالى: {إِنَّ الَّذِينَ تَوَفَّاهُمُ الْمَلَائِكَةُ ظَالِمِي أَنْفُسِهِمْ قَالُوا فِيمَ كُنْتُمْ قَالُوا كُنَّا مُسْتَضْعَفِينَ فِي الْأَرْضِ قَالُوا أَلَمْ تَكُنْ أَرْضُ اللَّهِ وَاسِعَةً فَتُهَاجِرُوا فِيهَا فَأُولَئِكَ مَأْوَاهُمْ جَهَنَّمُ وَسَاءَتْ مَصِيرًا} (¬1) {إِلَّا الْمُسْتَضْعَفِينَ مِنَ الرِّجَالِ وَالنِّسَاءِ وَالْوِلْدَانِ لَا يَسْتَطِيعُونَ حِيلَةً وَلَا يَهْتَدُونَ سَبِيلًا} (¬2) {فَأُولَئِكَ عَسَى اللَّهُ أَنْ يَعْفُوَ عَنْهُمْ وَكَانَ اللَّهُ عَفُوًّا غَفُورًا} (¬3) وقال تعالى: {وَمَا لَكُمْ لَا تُقَاتِلُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَالْمُسْتَضْعَفِينَ مِنَ الرِّجَالِ وَالنِّسَاءِ وَالْوِلْدَانِ الَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا أَخْرِجْنَا مِنْ هَذِهِ الْقَرْيَةِ الظَّالِمِ أَهْلُهَا وَاجْعَل لَنَا مِنْ لَدُنْكَ وَلِيًّا وَاجْعَل لَنَا مِنْ لَدُنْكَ نَصِيرًا} (¬4) أما من قوي من أهلها على إقامة شعائر دينه فيها، وتمكن من إقامة الحجة على الحكام وذوي السلطان، وأن يصلح من أمرهم، ويعدل من سيرتهم، فيشرع له البقاء بين أظهرهم؛ لما يرجى من إقامته بينهم من البلاغ والإصلاح، مع سلامته من الفتن.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.
اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء
عضو ... عضو ... نائب رئيس اللجنة ... الرئيس
عبد الله بن قعود ... عبد الله بن غديان ... عبد الرزاق عفيفي ... عبد العزيز بن عبد الله بن باز
 Pertanyaan Pertama dari Fatwa Nomor: 2635
Pertanyaan 1:
( Nomor bagian 12; Halaman 52)
Apa syarat -syarat wajib yang harus ada pada suatu negara hingga dapat dikatakan sebagai kawasan perang atau wilayah kafir ?
Jawaban 1:
Semua negara yang para pemimpinnya menjadikan hukum Allah sebagai aturan dan menerapkan syariat Islam pada rakyatnya, di mana rakyatnya mampu untuk melaksanakan kewajiban-kewajiban syariat Islam, maka itu adalah negara Islam. Kaum Muslimin yang tinggal di negara tersebut harus menaati para pemimpinnya dalam kebaikan, memberikan masukan pada pemerintah, membantu dalam pelaksanaan kebijakan negara , dan menyokongnya dengan intelektualitas dan aksi nyata. Hendaknya mereka tetap tinggal di negara tersebut dan tidak pindah, kecuali ke negara Islam lainnya yang dapat menjamin kondisi mereka lebih baik jika berada di sana. Itu seperti Madinah setelah Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam hijrah dan mendirikan negara Islam di sana, juga seperti Makkah setelah ditaklukkan. Sebab, setelah ditaklukkan dan dipimpin oleh kaum Muslimin, Makkah menjadi wilayah Islam, di mana sebelumnya merupakan kawasan perang yang harus ditinggalkan oleh penduduk Muslim di sana yang mampu melakukannya.

Semua negara atau wilayah yang para pemimpinnya tidak menegakkan hukum Allah dan tidak menerapkan syariat Islam pada rakyatnya, serta kaum Muslimin yang tinggal di dalamnya kesulitan untuk melaksanakan kewajiban syariat Islam, maka itu merupakan wilayah kafir . Contohnya adalah Makkah al-Mukarramah sebelum ditaklukkan, sesungguhnya saat itu merupakan wilayah kafir . Demikian juga negara -negara yang para penduduknya menisbatkan diri kepada Islam namun para pemimpinnya menerapkan aturan selain hukum Allah, serta kaum Muslimin di sana tidak mampu menjalankan kewajiban syariat Islam. Mereka wajib berhijrah dari negara tersebut demi menjaga agama mereka dari fitnah menuju negara yang menerapkan hukum Islam, sehingga dapat menjalankan kewajiban syariat dengan baik. Orang yang tidak mampu berhijrah dari negara tersebut tetap dimaafkan, baik dari kalangan laki-laki, wanita, maupun anak-anak. Kaum Muslimin yang lain harus menyelamatkannya dari wilayah kafir tersebut menuju wilayah Islam.
Allah Ta'ala berfirman, Sesungguhnya orang-orang yang diwafatkan malaikat dalam keadaan menganiaya diri sendiri, (kepada mereka) malaikat bertanya: "Dalam keadaan bagaimana kamu ini?". Mereka menjawab: "Adalah kami orang-orang yang tertindas di negeri (Mekah)". Para malaikat berkata: "Bukankah bumi Allah itu luas, sehingga kamu dapat berhijrah di bumi itu?". Orang-orang itu tempatnya neraka Jahanam, dan Jahanam itu tempat kembali yang paling buruk.(97)kecuali mereka yang tertindas baik laki-laki, wanita maupun anak-anak yang tidak mampu berdaya upaya dan tidak mengetahui jalan (untuk berhijrah)(98)Mereka itu, mudah-mudahan Allah memaafkannya dan Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun.
(Qs. An-Nisa` : 97-98).
 
Allah juga berfirman,
Mengapa kamu tidak mau berperang di jalan Allah dan (membela) orang-orang yang lemah baik laki-laki, wanita-wanita maupun anak-anak yang semuanya berdoa:"Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami dari negeri ini (Mekah) yang penduduknya zalim dan berilah kami pelindung dari sisi-Mu, dan berilah kami penolong dari sisi-Mu!".
(Qs. An-Nisa` : 99).

Adapun seorang Muslim yang tinggal di negara kafir tersebut dan tetap mampu menjalankan kewajiban syariatnya, dapat menegakkan kebenaran di hadapan pemerintah, ikut membenahi kebijakan dan meluruskan perilaku mereka, maka dia dianjurkan untuk tetap tinggal bersama mereka. Dengan begitu, dia diharapkan dapat menyampaikan kebenaran dan memperbaiki keadaan, sambil tetap terjamin dari fitnah (hal-hal buruk).


Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.


Fatawa Lajnah Ad-Da`imah kumpulan pertama tahqiq Ahmad Abdurrazzaq Ad-Duwaisy, terbitan Darul 'Ashimah tahun 1998, jilid 12 hal. 52-54.




COMMENTS

Name

Adab,1,Al-Fauzan,1,Al-Quran,9,Al-Utsaimin,1,Alkitab,2,Artikel,18,Bin Baz,1,Facebook,3,Fatwa,1,Fiqih,3,Foto,1,Hadits,3,Ibadah,1,Ibnu 'Umar,1,Ibnu Abbas,1,Ikhtilaf,1,Imam Hasan Al-Bashri,1,Islam Menjawab,7,Ka'bah,1,Kisah,2,Kristologi,1,Lajnah Ad-Da'imah,1,Manhaj Salaf,7,Mengkritik Penguasa Di Muka Umum,4,Menjawab Kristen,7,Nasehat,2,Negara Islam,1,Politik,1,Sejarah,1,Shahabat,2,Syariat,4,Syawal,1,Tabiin,2,Ulumul Quran,1,
ltr
item
Langit Merah: Kriteria Negara Islam dan Negara Kafir Menurut Syaikh Bin Baz, Shalih Al-Fauzan dan Lajnah Ad-Da'imah
Kriteria Negara Islam dan Negara Kafir Menurut Syaikh Bin Baz, Shalih Al-Fauzan dan Lajnah Ad-Da'imah
Kriteria dasar konsep negara Islam dan Negara Kafir menurut Ulama Saudi Syaikh Bin Baz, Shalih Al-Fauzan dan Lajnah Ad-Da'imah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiL8DwdwPwenrnAQ1Mcl-uryVqRFrRydLkSmeymJimuSxr6CilcoeSK4jOlx3WCPMpJcTvvxFl2y5xbupTebTGrlIIw1auDHWkjqk_hml7dfOwm7ZHJKu7zlIcO_X3J4kO_ybdk0ME6RUY/s640/sampul+fatwa+lajnah.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiL8DwdwPwenrnAQ1Mcl-uryVqRFrRydLkSmeymJimuSxr6CilcoeSK4jOlx3WCPMpJcTvvxFl2y5xbupTebTGrlIIw1auDHWkjqk_hml7dfOwm7ZHJKu7zlIcO_X3J4kO_ybdk0ME6RUY/s72-c/sampul+fatwa+lajnah.jpg
Langit Merah
http://kallolougii.blogspot.com/2018/04/kriteria-negara-islam-dan-negara-kafir.html
http://kallolougii.blogspot.com/
http://kallolougii.blogspot.com/
http://kallolougii.blogspot.com/2018/04/kriteria-negara-islam-dan-negara-kafir.html
true
3087215687654028449
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy