Non-Muslim Bertanya Alkitab adalah Kebenaran menurut Al-Quran tapi Mengapa Muslim Menggapnya Palsu?

Kristen bertanya Al-Quran mengatakan Alkitab adalah kebenaran mengapa muslim mengaggapnya palsu?

Seorang non Muslim di sebuah grup Facebook menulis bahwa  Al-Quran menyatakan bahwa Alkitab adalah kebenaran, bahkan Nabi saja jika ragu diperintahkan untuk bertanya kepada Ahli Kitab, dan lantas mengapa umat Islam menganggap Alkitab Palsu sedangkan Allah Maha Kuasa dimana ke Maha Kuasaan Allah yang tidak menjaga Firman-Nya?


Simson Punk
Simson Punk Surat al-baqarah (2:176)

Yang demikian itu adalah karena Allah telah menurunkan Al Kitab dengan membawa kebenaran; dan sesungguhnya orang-orang yang berselisih tentang (kebenaran) Al Kitab itu, benar-benar dalam penyimpangan yang jauh (dari kebenaran)
.

Alquran mengakui bahwa Taurat, Zabur dan Injil (Alkitab) berasal dari Allah (Firman/wahyu Allah). Bahkan Muhammad sendiri diperintahkan oleh Alloh swt untuk bertanya kepada ahli kitab sebelum dia, apabila mendapati keraguan didalam Alquran.
Tetapi mengapa dewasa ini pada umumnya umat muslim selalu menuduh bahwa Taurat, Zabur dan Injil (Alkitab) sudah tidak asli lagi/dipalsukan…??
Bukankah Taurat, Zabur dan Injil (Alkitab) adalah Firman Alloh swt juga…??
Jika memang benar Alkitab telah tidak asli lagi (dipalsukan), dimana letak ke’Mahakuasa’an Alloh swt..?? Secara tidak langsung Alquran juga tidak berasal berasal dari Alloh swt, karena tidak mampu menjaga FirmanNya (Alkitab).

Silahkan.
Kelola
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
· Balas · 6h


Tanggapan:

pertama. Memahami Al-Quran tidak bisa sekedar dengan membaca atau memahami sebuah potongan ayat semata. karena Al-Quran selalu memiliki teks maupun konteks pada ayat-ayatnya.

ayat yang anda kutip Surah al-Baqarah ayat  176 terkesan menegaskan bahwa Alkitab itu berisi kebenaran, memang demikian. namun maksud ayat tersebut bukanlah membenarkan Alkitab di masa sekarang. agar lebih jelas bisa dibaca konteks ayat ini pada ayat-ayat sebelumnya.

ayat 174

 Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah diturunkan Allah, yaitu Al Kitab dan menjualnya dengan harga yang sedikit (murah), mereka itu sebenarnya tidak memakan (tidak menelan) ke dalam perutnya melainkan api[109], dan Allah tidak akan berbicara[110] kepada mereka pada hari kiamat dan tidak mensucikan mereka dan bagi mereka siksa yang amat pedih.

ayat 175
 Mereka itulah orang-orang yang membeli kesesatan dengan petunjuk dan siksa dengan ampunan. Maka alangkah beraninya mereka menentang api neraka!

ayat 176
 Yang demikian itu adalah karena Allah telah menurunkan Al Kitab dengan membawa kebenaran; dan sesungguhnya orang-orang yang berselisih tentang (kebenaran) Al Kitab itu, benar-benar dalam penyimpangan yang jauh (dari kebenaran).


Jika kita baca dari ayat 174 tergambar dengan jelas disitu Allah sedang mengutuk, mencela orang-orang yang menerima Alkitab yang tidak lain adalah bani Israel, namun mereka menyembunyikan Alkitab, menyembunyikan kebenaran.  lalu disusul ayat berikutnya dengan celaan dan ancaman api neraka, dan ayat berikutnya baru disebutkan bahwa Alkitab berisi kebenaran.

Maka benar bahwa Alkitab berisi kebenaran, namun di masa lalu pemerina ALkitab sendiri gemar menyembunyikan Alkitab, menyembunyikan kebenaran. maka disini tergambar bahwa ada distorsi dalam Alkitab yang dilakukan oleh bani israel.



Kedua soal Mengakui kebenaran iya, seperti halnya ayat di atas, namun Alkitab sudah tidak orisinil lagi, sudah tercampur aduk antara firman Tuhan dengan perkataan manusia.

Terkait Adanya ayat yang memerintahkan Nabi Muhammad jika ragu maka bertanya kepada orang-orang yang telah menerima kitab-kitab terdahulu.. dalam hal ini sudah pernah saya jawab disini:  http://dialog-islamkristen.blogspot.co.id/2016/09/bertanya-kepada-ahli-kitab.html

Ibnu Katsir menyampaikan hadits terkait sikap nabi Muhammad ketika menerima ayat ini :
Qatadah bin Di’amah berkata, telah sampai kepada kami bahwa sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda: “Aku tidak ragu dan aku tidak bertanya.” Begitu juga Ibnu `Abbas, Sa’id bin Jubair dan al-Hasan al-Bashri berkata: “Di sini ada pengukuhan dan berita kepada umatnya, bahwa sesungguhnya sifat Nabi mereka (Muhammad saw) telah dalam kitab-kitab terdahulu yang ada di tangan Ahli Kitab.” Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman yang artinya: “Orang-orang yang mengikuti Rasul, Nabi yang ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka.” (QS. Al-A’raaf: 157) dan ayat seterusnya.

Jadi ayat tersebut bukanlah suatu suruhan bagi umat Islam untuk 'mengcross-check' kebenaran ayat Al-Qur'an melalui isi alkitab, tapi justru bernuansa larangan untuk bertanya kepada mereka. Kita dilarang untuk bersikap ragu-ragu tentang Al-Qur'an sehingga harus bertanya kepada ahli kitab, sekaligus merupakan informasi bahwa ahli kitab sendiri sebenarnya memegang informasi yang benar tentang nabi Muhammad dan Al-Qur'an, namun mereka menyembunyikannya.
Berkaitan dengan sikap bertanya kepada ahli kitab ini, nabi Muhammad memperkuat dengan larangan beliau :

Shahih Bukhari 6969: Telah menceritakan kepada kami Abul Yaman telah mengabarkan kepada kami Syu'aib dari Azzuhri telah mengabarkan kepadaku 'Ubaidullah bin Abdullah bahwa Abdullah bin Abbas berkata, "Wahai segenap muslimin, bagaimana kalian bertanya ahli kitab tentang sesuatu, sedang kitab kalian yang Allah turunkan kepada nabi kalian shallallahu 'alaihi wasallam adalah berita paling baru tentang Allah yang tidak dicampuri oleh sesutu apapun, dan Allah telah menceritakan kepada kalian bahwa ahli kitab mengubah-ubah kitab Allah dan merubah-rubahnya. Setelah itu mereka tulis kitab-kitab Allah dengan tangannya, dan mereka katakan, 'Ini dari Allah', yang demikian untuk mereka beli dengan harga yang sedikit, tidakkah ilmu yang datang kepada kalian melarang kalian bertanya kepada mereka? Tidak, demi Allah, tidak akan kami lihat salah seorang di antara mereka bertanya kalian tentang yang diturunkan kepada kalian."

Shahih Bukhari 6987: Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basyar telah menceritakan kepada kami Utsman bin Umar telah mengabarkan kepada kami Ali bin Mubarak dari Yahya bin Abu Katsir dari Abu Salamah dari Abu Hurairah berkata, "Ahli kitab membaca Taurat dengan bahasa Ibrani, dan mereka menafsirkannya dengan bahasa arab untuk pemeluk Islam." Spontan Rasulullah Sallallahu'alaihiwasallam bersabda: "Jangan kalian membenarkan ahli kitab dan jangan pula mendustakan mereka, katakan saja: 'Kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan'."

Shahih Bukhari 6814: Telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Basyar telah menceritakan kepada kami Usman bin Umar telah mengabarkan kepada kami Ali bin Al Mubarak dari Yahya bin Abu Katsir dari Abu Salamah dari Abu Hurairah berkata, 'Ahli kitab membaca Taurat dengan bahasa ibrani dan menafsirkannya dengan bahasa arab untuk pemeluk Islam! Spontan Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam bersabda: "Jangan kalian benarkan ahli kitab, dan jangan pula kalian mendustakannya, dan katakan saja '(Kami beriman kepada Allah, dan apa yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepadamu) '."

Kesimpulan : Kalaupun ada dikalangan Muslim yang berusaha meneliti dan mengypas isi alkitab maka tujuannya bukanlah untuk mengkonfirmasi kebenaran Al-Qur'an, tapi untuk menunjukkan banyaknya kelemahan dan kesesatan yang dilakukan disana, firman Alllah sudah dicampur-aduk dengan hasil karangan manusia, menggabung antara yang hak dan yang bathil.
Umat Islam tidak memerlukan kitab lain untuk pedoman hidup mereka, karena sudah cukup memakai Al-Qur'an dan sunnah Rasulullah saja..


Ketiga: terkait pertanyaan anda, jika Alkitab itu Firman Allah lalu tidak asli lagi, dimana kemaha kuasaan Allah karena tidak mampu menjaga Firman-Nya..

ini pertanyaan klasik yg bertahun2 lalu sering ditanyakan. Jawaban saya cukup simpel saja. bahwa Allah maha Berkehendak. Allah berkehendak untuk tidak menjaga catatan dari Firman-Nya yaitu Alkitab dari tangan manusia. karna faktanya ALkitab memang banyak distorsi.
perkara gampang saja, kita bisa temukan masalah Perbedaan Kanon yg yakni Deuterokanomika, yang sampai hari ini Katolik dan Protestan tidak pernah mau bersatu dalam satu Alkitab. Protestan menolak ratusan pasal dan beberapa Kitab dalam Alkitab yang dipegang Katolik itu bagian dari Alkitab, sementara Katolik menganggap ratusan pasal dan beberapa kitab tersebut adalah bagian dari Alkitab.

 

COMMENTS

Name

Adab,1,Al-Fauzan,1,Al-Quran,9,Al-Utsaimin,1,Alkitab,2,Artikel,18,Bin Baz,1,Facebook,3,Fatwa,1,Fiqih,3,Foto,1,Hadits,3,Ibadah,1,Ibnu 'Umar,1,Ibnu Abbas,1,Ikhtilaf,1,Imam Hasan Al-Bashri,1,Islam Menjawab,7,Ka'bah,1,Kisah,2,Kristologi,1,Lajnah Ad-Da'imah,1,Manhaj Salaf,7,Mengkritik Penguasa Di Muka Umum,4,Menjawab Kristen,7,Nasehat,2,Negara Islam,1,Politik,1,Sejarah,1,Shahabat,2,Syariat,4,Syawal,1,Tabiin,2,Ulumul Quran,1,
ltr
item
Langit Merah: Non-Muslim Bertanya Alkitab adalah Kebenaran menurut Al-Quran tapi Mengapa Muslim Menggapnya Palsu?
Non-Muslim Bertanya Alkitab adalah Kebenaran menurut Al-Quran tapi Mengapa Muslim Menggapnya Palsu?
Kristen bertanya Al-Quran mengatakan Alkitab adalah kebenaran mengapa muslim mengaggapnya palsu?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi_WWiFfR2ewIRS1jipEF4wYlv03R63jUdjJ6vv-_1bkcnxU0X5ey2I75NsM_E-C8MwPEJBriLZzlZsHPnuHPMoJ5Z_fLgXlYi0mrbULdwacGleiikN_VlivbQYEO40cfmO96mB3_mcYrM/s1600/al--quran.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi_WWiFfR2ewIRS1jipEF4wYlv03R63jUdjJ6vv-_1bkcnxU0X5ey2I75NsM_E-C8MwPEJBriLZzlZsHPnuHPMoJ5Z_fLgXlYi0mrbULdwacGleiikN_VlivbQYEO40cfmO96mB3_mcYrM/s72-c/al--quran.jpg
Langit Merah
http://kallolougii.blogspot.com/2018/04/non-muslim-bertanya-alkitab-adalah.html
http://kallolougii.blogspot.com/
http://kallolougii.blogspot.com/
http://kallolougii.blogspot.com/2018/04/non-muslim-bertanya-alkitab-adalah.html
true
3087215687654028449
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy